Apa Saja Jenis Plastik yang Sering Digunakan sebagai Bahan Pembuatan Pallet Plastik? Simak Ulasan Ini

Apa Saja Jenis Plastik yang Sering Digunakan

Ada banyak sekali alasan kenapa masih banyak produk serta distributor yang beralih dari pallet berbahan kayu hingga ke pallet plastik. Plastic pallet ini adalah inovasi sebuah platform pengiriman muatan yang karakteristiknya berkualitas serta dapat diaplikasikan dengan baik dibandingkan pallet lainnya.

Pallet plastik punya berbagai kelebihan dibandingkan jenis pallet lainnya karena sangat awet, cocok untuk sistem otomasi, bobotnya lebih ringan, mudah dibersihkan, serta Anda bisa lakukan daur ulang.

Maka dari itu, dengan kelebihan di atas maka kini perusahaan yang tengah merintis plastic pallet sebagai platform pengiriman utamanya bisa menurunkan total cost of business perusahaannya.

Jenis Plastik yang Sering Digunakan

Seperti yang diketahui bahwa setiap jenis plastik tentunya mempunyai karakteristik yang tidak sama. Maka dari itu, material plastik yang sudah digunakan pada pembuatan pallet ini akan sangat mempengaruhi bagaimana cara penggunaan serta pengaplikasiannya. Berikut jenis plastik yang sudah sering digunakan.

1.    Polyvinyl chloride (PVC)

Bahan ini termasuk salah satu jenis plastik yang memiliki sifat termoplastik dan tentunya paling populer digunakan di dunia. Sifat dari plastik ini sangat padat, keras, serta mempunya tensile strength sangat baik.

PVC sendiri juga mudah untuk Anda dimodifikasi melalui penambahan aditif agar bisa membuatnya menjadi kaku maupun fleksibel dan pastinya sesuai dengan kebutuhan. Akan tetapi, PVC ini ternyata mudah sekali rapuh saat suhu rendah.

Hal ini mengakibatkan pallet plastik yang telah terbuat dari bahan tersebut tidak cocok digunakan apabila Anda memang ingin mengirimkan sebuah produk yang memerlukan suhu dingin.

2.    Acrylonitrile butadiene styrene (ABS)

Jenis bahan ini berbahan dasar sangat kuat dan seringkali digunakan dalam keperluan pembuatan bumper mobil serta mainan anak. Misalkan saja seperti permainan lego. Plastik ini karena punya kekuatan yang sangat super power membuatnya dikenal oleh banyak orang dan juga sangat populer sekali.

Akan tetapi, ABS sendiri masih belum cocok apabila Anda ingin mengaplikasikannya pada produk container dan kemasan yang mungkin saja membutuhkan atau terjadi kontak langsung dengan makanan.

3.    Polyethylene (PE)

Plastik paling populer di dunia lainnya adalah polyethylene yang sering digunakan pada pembuatan tas belanja, mainan, dan juga botol air. Plastik ini digolongkan sebagai salah satu plastik yang paling sederhana serta mempunyai densitas yang bervariasi.

Sifat dari PE sendiri sangat kuat sekali. Tidak hanya itu, ia bahkan sangat stabil di suhu tinggi maupun suhu rendah. Jika Anda ingin jenis plastik untuk pallet plastik yang berkualitas tinggi tentunya HDPE adalah salah satu pilihan terbaik untuk Anda. Selain itu ia juga mudah di daur ulang.

Pada dasarnya pallet plastik sendiri bersifat tahan lama, banyak pilihan, ringan dan cocok sekali untuk kebutuh impor ekspor, pengiriman barang, antijamur, anti air, dan juga antijamur.

Dari masing-masing bahan plastik yang telah disebutkan tersebut, tentunya kini Anda sudah bisa mempertimbangkan kira-kira jenis bahan plastik manakah yang cocok untuk plastic pallet Anda.

itulah penjelasan terkait bahan plastik apa saja yang paling sering digunakan orang dalam pembuatan pallet plastik ini. Selain itu, juga sudah dijelaskan keunggulan serta kelemahannya masing-masing. Sehingga dari data tersebutlah Anda kini bisa tetapkan pilihan ingin menggunakan bahan yang mana. Lalu carilah tempat menjual bahan plastik yang bagus.