Tuesday, April 20

Cara Beternak Itik Petelur Bagi Pemula

Cara Beternak Itik, itik merupakan unggas yang mengarah pada produksi telur dan dagingnya serta termasuk spesies burung dalam famili Anatidae. Sumber penghasilan protein hewani seperti telur dan daging sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Bahkan populasi itik di Indonesia menempati urutan ke empat setelah ayam ras petelur, ayam ras pedaging dan ayam buras.

Ternak Itik

Pada umunya cara beternak itik petelur bagi pemula ini cukup mudah dilakukan. Cara ternak itik petelur ini tentu dapat dilakukan oleh siapa saja. Asalkan di pelihara dengan menjemen pemeliharaan yang benar dan sesuai tentu akan mendapatkan hasil maksimal dan sesuai dengan target.

Saat ini banyak masyarakat yang menekuni usaha peternakan bebek, baik bebek pedaging dan petelur. Namun, salah satu kendala dari bisnis beternak itik adalah harga pakan yang relatif tinggi dan biaya pembuatan kandang yang terkadang tidak dapat diprediksi.

Oleh karena itu perlu solusi terutama untuk peternak itik petelur tentang bagaimana cara beternak itik yang baik dan benar :

1. Penyiapan Bibit Itik Petelur

Agar mencapai keberhasilan dalam budidaya itik maka dibutuhkan bibit yang baik. Cara memperoleh bibit yang baik adalah:

a. Membeli telur tetas : Yang dimaksud telur tetas disini adalah telur dari indukan yang sudah dibuahi oleh itik jantan.

b. Memelihara induk itik : Agar menghasilkan telur tetas sebaiknya bibit diperoleh dari membeli induk yang kemudian dipelihara. Hal ini juga lebih diyakini bahwa telur yang dihasilkan merupakan telur tetas bukan telur konsumsi.

c. Membeli DOD : Dalam membeli DOD yang sudah dikenal akan mutunya yang baik. DOD bebek petelur yang berkualitas juga berasal dari proses penetasan yang baik juga. Kami dari hobiternak menyediakan jenis itik petelur seperti DOD Mojosari dan DOD Hibrida. Lalu bagaimana caranya untuk mengenali DOD itik yang sehat dan berkualitas :

  1. Bulu terlihat cerah dan terang
  2. Anus bersih dan tidak ada kotoran yang menempel
  3. Mata cerah dan bersinar
  4. Kaki bersih dan tampak seperti berlapis minyak
  5. Anggota tubuh yang lengkap dan tidak cacat
  6. Berasal dari indukan yang berkualitas

2. Prosedur Pemeliharaan

Saat ini memelihara bebek petelur tidak hanya dilakukan di daerah pedesaan saja,tetapi sudah merambah banyak didaerah perkotaan. Cara budidaya bebek di pedesaan dengan dikota sangat berbeda. Perbedaan itu bisa dilihat jika didesa bebek masih bisa diumbar dipersawahan,

sedangkan dikota perawatannya bisa menggunakan cara ternak itik petelur modern asalkan tempatnya jauh dari keramaian dan menggunakan teknik budidaya itik petelur tanpa air.

Bagimana Cara Budidaya Bebek /Itik tanpa Air ?

Cara budiaya bebek atau itik petelur tanpa air dapat dilakukan dengan cara itik tidak diumbar bebas. Tetapi cara ini dilakukan dengan pemeliharaan yang diumbar didalam kandang. Dengan sistem ini peternak dapat beternak bebek petelur di lahan sempit.

Dan perlu diketahui bagi peternak pemula bahwa, dalam pemeliharaan itik tanpa air (intensif) membutuhkan biaya pakan yang tidak sedikit. Jika dibandingkan dengan pemeliharaan semi intensif.

baca juga : Cara Budidaya Ikan Mujair Dikolam Tanah

Meskipun membutuhkan biaya yang tidak sedikit, tetapi hal itu akan sebanding, sebab telur yang dihasilkan juga banyak.Bebek bisa bertelur tanpa kawin, dan hasilnya dapat dijadikan telur konsumsi, karena telur yang tidak dibuah oleh pejantan, tidak dapat menetasAkan tetapi, jika ingin mendapatkan telur tetas maka perlu diberi pejantan.

3. Pemilihan Lokasi dan Kandang Itik

Dalam pemilihan lokasi sebaiknya jauh dari keramaian serta kegaduhan. Hal ini ditujukan untuk menjaga kondisi bebek agar terhindar dari stress yang dapat menganggu stabilitas produksi telur. Untuk pembuatan kandang, peternak bisa menganalisis terlebih dahulu ukuran kandang yang diinginkan dan sesuaikan dengan jumlah bebek yang akan dipelihara.

4. kandang Itik

Kandang adalah tempat dimana hewan ternak dipelihara. kandang itik petelur yang baik adalah dalam pembuatan kandang diupayakan mampu memberikan kenyamanan bagi hewan ternak. Agar hewan ternak yang berada didalam tidak gelisah dan tidak mudah terkejut.

5. Pakan Itik

Cara ternak bebek agar menghasilkan hasil yang maksimal dan sesuai target juga dipegaruhi oleh pemberian pakan yang baik dan berkualitas. Dalam pemberian pakan pada itik sebaiknya mengandung gizi yang lengkap misalkan saja protein, lemak, serat kasar, vitamin serta mineral.

Semakin banyak ragam jenis bahan makanan dalam penyusunannya semakin baik, terlebih lagi yang berasal dari sumber protein hewani. Dan bahan makanan yang bisa digunakan untuk pakan antara lain : dedak, jagung, bungkil kedelai, bungkil kelapa, lamtoro, ikan, bekicot, remis, sisa dapur, tepung tulang, kepala/ kulit udang dan lain-lain.

Untuk bahan makanan digiling sampai halus menggunakan mesin, dan dipadatkan dalam bentuk pil atau butiran, tujuannya agar makanan tidak tercecer ketika itik makan. Untuk jumlah pemberian dan kadar protein dapat disesuaikan umurnya.

Cukup sekian artikel yang bisa saya sampaikan tentang Cara beternak itik, Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *