Tuesday, April 20

Resep Pizza Singkong Tanpa Oven Wajib Kalian Coba!!!

Resep pizza singkong tanpa oven ini adalah topik pembahasan kita pada kali ini menarik bukan? tap sebelum saya akan membahas tentang pengertian singkong dan sejarah singkong.

Sejarah Singkat Singkong

Cassava (ubi kayu), yang dalam bahasa latin disebut Manihot Esculenta Crantz, sebenarnya adalah tanaman asli Brazil.Namun sekarang tanaman ini sudah sangat familiar bagi kita, terapis sebagai bahan pangan yang berkualitas rendah. Jika kitamengingat sedikit masa penjajahan bangsa asing.

Indonesia pernah dijajah oleh Portugis, salah satu negara yang pernah menjajah Indonesia. Portugis yang membawa tanaman asli Brasil ini ke Indonesia.Di daerah asalnya (Amerika Latin), ubi kayu merupakan makanan pokok karena umbi singkong dikenal memiliki kalori yang tinggi.

Portugis tidak hanya membawa singkong, tetapi mulai menyusun rencana untuk menanamnya hingga ditanam secara komersial, mengingat potensi yang dihasilkannya sangat besar.Singkong merupakan tanaman yang mudah tumbuh, bahkan di daerah kering yang tanahnya miskin unsur hara (cukup untuk menempelkan bagian batang dengan ukuran tertentu ).

Tanaman ini bebas perawatan dan biasanya memiliki hasil yang cukup tinggi setelah 9 bulan tanam. Selain itu, potensi pemanfaatan semua bagian tanaman ini juga besar.Daunnya kaya zat besi dan sering digunakan sebagai sayuran. Bagian utama yaitu umbi memiliki kalori lebih tinggi dari pada nasi.

Sehingga tujuan orang portugis dalam mendatangkan tanaman ini adalah menjadikan singkong sebagai makanan pokok bangsa indonesia. Terbukti di beberapa daerah, ubi kayu merupakan makanan pokok. Sejarah dan khasiat singkong di atas seharusnya membuat kita paham bahwa pesan makanan kelas bawah. Apalagi saat ini sudah banyak makanan olahan ubi kayu yang enak, bergizi, dan berpenampilan menarik.

Resep Pizza Singkong Tanpa Oven

Resep Pizza Singkong Tanpa Oven

Pizza adalah makanan yang berasal dari italia namun siapa sangka semu orang yang didunia hampir mengenalnya dan pernah memakan, bagi kalian yang ingin menikmati pizza tapi harganya mahal kalian bisa membuat pizza dari singkong lemak juga ekonomis rasanya sangat manis / lezat.

Bahan – bahan Membuat Resep Pizza Singkong Tanpa Oven:

  • 1 btg singkong (± 250gr)
  • 1 butir telur
  • Sejumput lada
  • Sejumput garam
  • 1/2 sendok teh bubuk bawang putih (saya bisa menggunakan bawang putih goreng)
  • Margarin
  • Cabai dan saus tomat
  • mayones

Toping (secukupnya):

  • 1 buah sosis
  • 1/4 biji bawang bombay
  • 1 buah cabai hijau kecil
  • 1/2 buah cabai merah
  • Keju parut

Saya juga memberikan sebuah resep singkong keju untuk jualan yang bisa kalian coba.

Cara Membuat Resep Pizza Singkong Tanpa Oven:

  1. Parut Singkong. Kemudian tambahkan telur, merica, garam, bubuk bawang putih. Campur sampai merata.
  2. Talas dalam wajan diolesi margarin, lalu kukus hingga matang selama ± 10 menit.
  3. Mengangkat. Atur diteflon dan tambahkan hiasan. Nyalakan api dan tutup teflon, masak sampai matang, kukus ± 15-20 menit.
  4. Pindahkan pizza ke piring atau wadah lain pilihan Anda. Tambahkan saus sambal, tomat, dan mayonaise. Potong dan sajikan.

Fakta Unik Singkong

1. Ada organisasi Pengungkit Keaslian, Neapolitan Pizza di dunia

Pada tahun 1984, Associazione Verace Pizza Napoletana menetapkan aturan khusus yang harus dipatuhi jika sebuah pizzeria (restoran pizza khusus) ingin menyebut produk mereka pizza Neapolitan otentik.

Adonan pizza harus berada dalam oven kayu, dan harus benar-benar dibuat dengan tangan (tanpa menggunakan alat atau bahkan rolling pin). Selanjutnya diameter pizza tidak boleh melebihi 35 cm dan di tengahnya tidak boleh lebih tebal dari 1/3 cm.

2. Tidak ada yang Tahu Dari Mana Asal Kata “pizza”

Ada beberapa teori yang bersaing tentang asal usul kata pizza. Orang Yunani kuno mengatakan bahwa kata pizza berasal dari kata pikte yang berarti kue yang difermentasi dan pitta yang berarti roti gandum.

Menurut orang Italia, menyebut pizza berasal dari pizza, yang berarti mengambilnya dan segera mengeluarkannya dari oven. Sedangkan orang Jerman menyebut pizza dari kata pizzo yang artinya satu gigitan. Pizza dibawa ke Italia oleh Lombard pada abad ke-6.

3. Tomat tidak selalu merupakan Bahan Penting

Tomat pernah menjadi komponen yang dibawa oleh penjelajah Eropa di akhir tahun 1500-an yang ditaburkan di atas adonan kue yang kita kenal sekarang sebagai pizza.

Namun hingga saat ini belum ada yang tahu persis siapa orang yang pertama kali menambahkan tomat ke dalam pizza. Meski begitu, ini adalah perkembangan yang dilakukan orang dahulu pada makanan.

4. Lapisan Luar Pizza disebut Cornicione

Jika Anda dan teman Anda menyantap pizza, jangan lupakan pizza sisi yang renyah. Sisi ini tidak disebut kerak, melainkan Cornicione (diucapkan: cor-nee-cho-nay) yang artinya bingkai atau cetakan. Cornicione adalah nama adonan pizza dasar yang ditambahkan berbagai topping.

5. Tidak ada Irisan Pizza di Italia

Pizza di Italia hanya disajikan utuh (bahkan untuk pizza Neapolitan kecil) atau dalam bentuk persegi atau segitiga yang disajikan dalam wadah besar, pizza ini dinamakan Pizza Al Taglio.

Pizza Neapolitan yang dijual di New York juga berukuran besar dan pizza Neapolitan yang besar dijual dengan harga sekitar 5 sen (Rp. 7.000). Tapi, bagi yang ingin ukuran lebih kecil, penjual pizza di NYC bisa memotong pizza menjadi potongan-potongan kecil.

6. Penyebaran Pizza dimulai Pada Perang Dunia Kedua

Tentara GI yang ditempatkan di Italia selama Perang Dunia II menemukan pizza di negara yang terkenal dengan menara Pisanya. Dan sejak saat itu, tentara GI telah kecanduan pasta pipih yang lezat.

Saat mereka kembali ke Amerika Serikat untuk mencari orang Italia di lingkungan sekitar yang tahu cara menyiapkan pizza. Ini sudah menjadi fenomena nasional.

7. Banyak jenis Pizza dengan Ciri Khas Daerah

Anda mungkin akrab dengan pizza New York dan Chicago, tapi bagaimana dengan pizza Detroit yang berbentuk persegi dan dipanggang dalam oven tua? Atau pizza “Apizza” New Haven, pizza tipis dan agak kenyal yang dibakar di bagian luar pizza.

Ada juga Pizza St. Louis yang merupakan pizza berbentuk bujur sangkar yang ditaburi keju Provel. Varian pizza ini merupakan pizza yang sengaja dibuat dengan ciri khas daerah asalnya.

8. Pizza Terbesar Di Dunia Berukuran Hampir 4 meter

Menurut Guinness Book of Records, pizza terbesar dalam sejarah diproduksi pada 8 Desember 1990 di Johannesburg, Afrika Selatan. Dibuat dengan 1.100 pon (5 kg) tepung, 1.800 pon (815 kg) keju dan 2.000 pon (906 kg) saus tomat. Ukuran pizza ini panjangnya 123 kaki atau panjang 4 meter. Ini adalah pizza terpanjang di dunia.

9. Oktober adalah Bulan Pizza Nasional

Hari Pizza Nasional sudah ada sejak 1984. Bulan pizza nasional pertama kali jatuh pada Oktober 1984. Dibuat oleh Gerry Durnell, editor majalah bernama “Pizza Today”. Jadi, jangan lupa untuk selalu pantau pizza nasional setiap bulan Oktober bersama keluarga atau kerabat!

10. Restoran Pizza tertua Amerika (pizzeria) terletak di Trenton, NJ

Lombardi mungkin adalah restoran pizza pertama di Amerika, tetapi restorannya ditutup pada tahun 1984 dan tidak berfungsi selama hampir 10 tahun. Namun setelah ditutup dalam waktu yang lama, restoran tersebut dibuka kembali di lokasi baru dan di bawah manajemen baru.

Papa’s Tomato Pies didirikan oleh Giuseppe Papa pada tahun 1912 di South Clinton Avenue, Trenton – New Jersey, telah sukses sejak hari pembukaan dan masih dimiliki serta dioperasikan oleh keluarga Papa.

Manfaat Singkong

1. Memperkuat Sistem Kekebalan

Dalam pandemi seperti sekarang ini, sistem kekebalan tubuh sangat penting dan harus dijaga. Konsumsi singkong dapat membantu menjaga dan melindungi sistem tubuh berkat kandungan vitamin C-nya. Dalam 100 gram singkong terdapat 32 miligram vitamin C.

2. Sumber Serat dan Karbohidrat Kompleks

Singkong menyediakan kebutuhan serat dan karbohidrat harian Anda. 100 gram singkong dapat menyediakan 32 gram karbohidrat dan 2,9 gram serat. Karbohidrat dan serat sangat membantu dalam menjaga kesehatan saluran pencernaan, mengurangi peradangan, dan mengontrol kadar gula darah.

“Makanan bertepung memiliki reputasi buruk. Tetapi karbohidrat lebih. Dan menjadi sumber energi yang lebih efisien untuk sistem saraf pusat dan otot,” kata ahli gizi Kelly Jones.

3. Melindungi Tubuh dari Radikal Bebas

Kombinasi vitamin C dan A yang merupakan antioksidan dapat melindungi tubuh dari efek radikal bebas, mencegah penyakit jantung dan mencegah tanda penuaan, termasuk kerutan pada kulit. Jones menambahkan, singkong juga memberikan manfaat anti inflamasi karena komponen fenoliknya.

“Singkong termasuk dalam banyak sumber makanan komponen fenolik dalam makanan Anda yang membantu menyediakan berbagai antioksidan yang dapat bekerja sama untuk mendukung proses kesehatan yang terkait dengan peradangan, baik dalam jangka pendek maupun panjang,” jelasnya.

4. Mata Sehat

Vitamin A berperan dalam kesehatan mata. Schapiro mengatakan ada beberapa jenis ubi kayu yang diberi nutrisi tambahan (fortifikasi) karotenoid provitamin A untuk membantu penyerapan vitamin A.

“Banyak peneliti yang mengatakan bahwa mengonsumsi makanan dapat meningkatkan asupan vitamin A dan mengurangi risiko yang terkait dengan kesehatan mata,” ujarnya.

5. Memenuhi Kebutuhan Energi

Olahan ubi kayu akan memberikan energi untuk beraktivitas sepanjang hari. Dalam 100 gram singkong, Anda bisa mendapatkan 141 kalori.

Kalori dalam singkong sedikit lebih tinggi dibandingkan makanan pokok lainnya. Dalam 100 gram nasi putih hanya bisa memenuhi 130 kalori. Jadi jagung hanya menyediakan 86 kalori. Ubi jalar juga hanya menyediakan 85,8 kalori.

Sekian artikel kali ini ,jika kalian ingin mengolah singkong kalian bisa menggunakan mesin keripik singkong multifungsi .Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *